Analisis Kualitas Aplikasi OrangeHRM Menggunakan WebQual 4.0 Dalam Mempengaruhi Kepuasan Karyawan dan Produktivitas Kerja
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.381Keywords:
Sumber Daya Manusia, SEM, Webqual 4.0, Kepuasan Karyawan, Produktivitas KerjaAbstract
Sumber daya manusia merupakan aspek vital dalam pengembangan bisnis perusahaan, utamanya untuk meningkatkan layanan kepada stakeholder termasuk pelanggan, maka hal yang diperlukan terlebih dahulu adalah membenahi aspek internal. Penggunaan pencatatan secara konvensional sudah dianggap tidak relevan dengan era digital saat ini. Bilamana perusahaan ingin meningkatkan daya saingnya maka diperlukan pemanfaatan teknologi dalam operasional pekerjaan yang mereka lakukan, salah satunya adalah mengembangan peran teknologi dan informasi dalam departemen manajemen sumber daya manusia dengan menerapkan aplikasi opensource berbasis web yaitu OrangeHRM. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan terhadap pengguna aplikasi OrangeHRM dengan mengambil sampel pengguna yang bekerja pada departemen sumber daya manusia, untuk menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan tiga variabel yaitu kualitas website (Webqual 4.0) sebagai variabel untuk mengukur persepsi kualitas dari aplikasi OrangeHRM terhadap pengguna melalui tiga indikator, yaitu kualitas informasi, interaksi layanan dan faktor penggunaan, variabel kepuasan karyawan sebagai bentuk perasaan karyawan dalam menggunakan aplikasi dan variabel produktivitas kerja yang merupakan tingkat perubahan yang dialami oleh karyawan setelah menggunakan OrangeHRM. Metode pengukuran menggunakan analisis SEM, sedangkan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling terhadap 120 responden. Hasil yang didapatkan adalah variabel Webqual 4.0 memiliki pengaruh terhadap kepuasan karyawan dan berdampak kepada meningkatnya efektivitas dan produktivitas pekerjaan yang dilakukan di departemen sumber daya manusia perusahaan setiap responden.
Downloads
References
Farozi, M. (2016). Model Perangkat Lunak Bisnis Gamifikasi Dalam Mengevaluasi Produktivitas Kinerja Kerja Karyawan. Jurnal Cendikia, Vol. 12(1), pp. 8—17.
Saefudin & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada RSUD Serang. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 1, pp. 33—37.
Andry, J.F., Christianto, K. & Wilujeng, F.R. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 5(1), pp. 23-31. DOI: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.
Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA 2016), pp. 649-657.
Ardi, A.N.A. & Yulisetiarini, D. (2018). The Effect of Lazada Website Quality To Satisfaction and Consumer Loyalty. International Journal of Research Science & Management, Vol. 5(10), pp. 11—15. DOI: 10.5281/zenodo.1451296.
Maulidiyah, N.N., Roifah, T.N. & Armanto, N. (2021). Kompensasi dan Kepuasan Kerja Sebagai Alternatif Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Al-Idarah, Vol. 2(1), pp. 41—48.
Sirajuddin, Sari, C.A. & Hasanuddin. (2020). Mengukur Tingkat Kepuasan Karyawan Pada Perusahaan Reparasi Mesin Industri Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 16(1), pp. 113-121. DOI: 10.36055/tjst.v16i1.8042.
Monalis, E. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA, Vol. 1(3), pp. 1080—1088.
Narpati, B., Lubis, I., Meutia, K.I. & Ningrum, E.P. (2021). Produktivitas Kerja Pegawai yang Dipengaruhi oleh Work From Home (WFH) dan Lingkungan Kerja Selama Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Manajemen Forkamma, Vol. 4(1), pp. 121—133.
Laisa, V., Zelinsha, F. & Monoarfa. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Primarindo Kencana (Hotel Maqna by Prasanty Gorontalo). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Jambura, Vol. 1(2), pp. 180—190.
Rosadi, A.A.S. & Purnomo, Y.J. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pada Pegawai PT Raudah Utama Cianjur. Jurnal Sains Sosio Humaniora, Vol. 4(2), pp. 357—367. DOI: 10.22437/jssh.v4i2.10865.
Bernadetta. (2019). 15 Website Penyedia Aplikasi HR Terbaik Yang Wajib Dicoba. Diakses dari: https://sleekr.co/blog/15-website-penyedia-aplikasi-hr-terbaik-yang-wajib-dicoba/ pada tanggal 1 Juli 2021.
Agustin, F. (2014). Analisis Maturity Level Implementasi OrangeHRM Menggunakan Framework Cobit 5.0. Prosiding Seminar Nasional Informatika, pp. 51—56.
Hussein, F., Kertahadi & Riyadi. (2014). Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa PT . Wiranas Laundry and Dry Cleaning Service). Jurnal Admistrasi Bisnis, Vol. 10(1), pp. 1—11.
Safrizal, H.B.A. (2012). Pembelajaran Manajemen Sumber Daya Manusia Menggunakan Teknologi Open Source. Prosiding Seminas Competitive Advantage, Vol. 1(2), pp. 1—6.
Subhashree, V. & Vasantha. (2020). Influence of it Infrastructure and IT Expertise on E-HRM Adoption. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 9(1), pp. 585—589.
Nugroho, A.R. (2015). Pengaruh Design Logo Baru BUMD Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kuantitatif Mengenai Perubahan Logo Baru pada PDAM Kota Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi Makna, Vol. 5(1), p. 1-15. DOI: 10.30659/jikm.5.1.1-15.
Permana, A.I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 25(2), pp. 94—109. DOI: 10.33592/jeb.v25i2.422.
Wirapraja, A., Aribowo, H. & Setyoadi, E.T. (2021). The Influence of E-Service Quality, and Customer Satisfaction on Go-Send Customer Loyalty in Surabaya. Indonesian Journal of Information System, Vol. 3(2), pp. 128-137. DOI: 10.24002/ijis.v3i2.4191.
Zuhdi, Z., Suharjo, B. & Sumarno, H. (2016). Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui SEM dan PLS-SEM. Journal of Mathematics and Its Application, Vol. 15(2), pp. 11-22. DOI: 10.29244/jmap.15.2.11-22.
Chandra, W. & Wirapraja, A. (2020). The Effect of Application Usability, Service Quality, and E- Satisfaction on Purchase Intention of GoFood Customers. Indonesian Journal of Information System, Vol. 3(1), pp. 38—49.